[TIPS] Cara Mengatasi Android Yang Lemot

Tentunya sangat tidak nyaman dan merasa kesal dgn perangkat Android kita yg berjalan lambat, lemot, nge-hang, entah itu pada saat booting ataupun dalam keadaan sedang dipakai. Bingung mesti di apain? Saya ada beberapa tips untuk mengatasi Android yang lemot agar bekerja lebih cepat. Kita cek di bawah ini:

android lemot, android hang, hapus aplikasi
Hapus Cache pada memori internal
Cache itu merupakan media penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Jika dibiarkan maka cache ini akan semakin bertambah banyak dan menghabiskan kapasitas memori internal kita. Antisipasi segera dengan cara menginstall aplikasi pembersih cache. Baca juga artikel: 4 Aplikasi Pembersih Sistem Android, lalu download aplikasinya.

Jangan menjalankan aplikasi secara bersamaan di Smartphone
Aplikasi yg dijalankan secara bersamaan dapat membuat kinerja smartphone kamu kurang maksimal, karena akan menurunkan performa kecepatan RAM. Tutup aplikasi yg kurang dibutuhkan.

Hentikan kebiasaan memakai Live Wallpaper
Tampilan Smartphone tentu akan lebih indah dan menarik jika menggunakan live wallpaper. Namun tanpa disadari hal tsb akan membuat kinerja smartphone melambat. Gunakan wallpaper yg standar dan sederhana namun tak kalah menarik dari Live Wallpaper

Install Aplikasi di Memori External
Jika menginstall sebuah aplikasi di perangkat android tentu saja akan otomatis masuk ke memori internal. Jika terlalu banyak aplikasi tentu saja akan mempengaruhi kecepatan kinerjanya. Cobalah untk memindahkan aplikasi tersebut ke memori external yg sudah ditambahkan. Tentu saja kamu harus Root dulu Android kamu jika ingin menyimpan atau memilih lokasi aplikasi yg akan diinstall. Baca juga artikel tentang tata cara root Android:
Stop menggunakan Auto Brightness
Auto Brightness ini adalah fitur yg mempunya fungsi mengatur intensitas cahaya yg diterima perangkat Smartphone secara otomatis, menyesuaikan kondisi cahaya yg ada di lingkungan sekitar. Dampak lain penggunaan fitur ini baterai akan cepat habis.

Hapus SMS yg sudah menumpuk
Hapus semua SMS di inbox ataupun outbox karena file pesan singkat tsb dapat memakan kapasitas memori ponsel smartphone kamu. Rutinlah membersihkan sms yg sudah dibaca atau yg sudah terkirim secara berkala.

Mungkin itu sedikit tips dari saya. Jangan meremehkan, karena jika kita tidak mengontrol kesehatan smartphone kita dari hal² yg dianggap sepele, maka lambat-laun smartphone kita akan cepat rusak.

Post a Comment

Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: