Apa itu Root Android??


Kali ini saya akan mempelajari Android lebih jauh, khususnya mengenal sistem yg tak terbatas dari Android tsb. Dikenal dengan istilah Root.

Apa itu Root?
Root artinya Akar.

Pengertian Rooting dalam dunia teknologi
Rooting artinya suatu metode untuk mengubah beberapa aspek sebuah program/ sistem operasi dengan cara menembus dan menjelajah ke sistem tersebut lebih dalam, kemudian membuka sistem atau ruang penyimpanan data yang tak tersentuh agar bisa diakses dan dimodifikasi secara tak terbatas.
Belajar Memahami Arti Root Android, root android adalah   sarewelah.blogspot.com
Root Android
Root Android adalah suatu metode untuk mengubah sistem operasi di dalam Andorid, dengan cara menembus dan menjelajah ke sistemnya lebih dalam, kemudian membuka sistem atau ruang penyimpanan data di dalam Android yang tak tersentuh agar bisa diakses dan dimodifikasi secara tak terbatas oleh pengguna Android itu sendiri..

Tujuan Root Android?
Tujuan rooting Android adalah berfungsi utk mengubah, menghapus, menambah, atau bahkan merusak semua sistem operasi bawaan pabrik di dalam Android. Jika digambarkan secara visual, kita seolah olah membebaskan si Robot Hijau dari penjara. Bahasa inteleknya 'men-jailbreak'

Kelebihan Android yg sudah di Root?
  1. Bisa menginstall aplikasi apa saja yang biasanya tidak bisa di-install ketika Android masih memakai setelan pabrik/ default.
  2. Bisa menghapus dan mengedit aplikasi bawaan pabrik yang kurang penting agar media penyimpanan lebih leluasa.
  3. Bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke external, termasuk ketika sedang menginstall sebuah aplikasi.
  4. Mampu merubah tampilan lewat instalasi custom ROM, artinya mengubah tampilan menggunakan konfigurasi software yang melekat di memori bawaan pabrik sehingga memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memilih tampilan sesuai keinginan mereka.
  5. Bisa mem-backup setelan default bawaan pabrik, artinya ketika ingin mengembalikan ke sistem awal atau me-reset aplikasi sistem, kita tidak usah mencari dan mendownloadnya lagi.
  6. Bisa melakukan Overlock Procesor utk mempercepat kinerja Hp Android, artinya menjalankan komponen processor Android pada kecepatan lebih tinggi dari spesifikasinya.
Kekurangan HP Android Yang Sudah di Root?
  1. Garansi Android hilang. Semua pakar ponsel menjelaskan hal ini, karena dengan me-root android kita, para penyedia layanan jual beli/ konter tidak menjamin lagi kondisi android kita masih tetap dalam keadaan utuh. Tapi jangan khawatir, android yang sudah di root bisa dikembalikan ke kondisi semula (atau dikenal dengan istilah unroot). Sehingga ada kesempatan bagi pengguna android yg sudah di root untuk mendapatkan garansinya kembali.
  2. Rentan terhadap Virus dan Malware : Untuk yg satu ini tampaknya kita harus waspada agar jgn sembarangan menginstal aplikasi pada hp android yg sudah di root, kalo bisa jangan lupa memasang antivirus yg ampuh seperti : avast, AVG, dan antivirus lainnya.
Mungkin itu saja pemahaman saya tentang pengertian Root Android.. Semoga Anda jadi lebih tahu keuntungan dan kerugian Android yang sudah di root. Jika Anda mencari artikel yang serupa silahkan cek dibawah ini:

Post a Comment

Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: