Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

tags: trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com

Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android - Jaringan internet Wifi hotspot atau tethering adalah merupakan sebuah teknologi canggih dan modern yang cukup memberikan banyak kemudahan di dalam mengerjakan aktivitas manusia. Hotspot internet wireless mengambil sinyal kemudian membuat sambungan data yang tersedia bagi perangkat Wifi yang sudah di aktifkan dan sudah terkoneksi, walaupun kualitas kestabilan konektivitas antara jaringan Wifi Hotspot dan perangkat seluler terbilang kurang baik. Menggunakan fasilitas atau fitur Wifi hotspot untuk berinternet memiliki beberapa macam kekurangan, selain itu masalah koneksi dan sinyal juga kadang kurang stabil, hal ini diakibatkan oleh jangkauannya yang terbatas. Jika diamati lebih jauh dari sudut pandang range Tethering, portable Wifi Hotspot android ini hanya memiliki radius jangkauan sinyal kurang lebih dengan jarak maksimal 15 meter. Kemampuannya berbeda-beda juga tergantung hardware yang ada pada masing-masing device. Maka dari itu rasanya agak kurang tepat jika kita menggunakan Wifi Hotspot android atau tethering di daerah-daerah seperti gedung kantor, cafe, resto, sekolah, rumah kos, dan gedung lainnya yang memiliki area cukup luas. Namun jika Anda memang betul-betul sedang memerlukan Wifi Hotspot android tersebut, maka kami disini memiliki tips dan trik untuk memperluas radius jarak cakupan sinyal Wifi Hotspot android dengan cukup cepat dan mudah.

Di daerah yang memiliki cakupan dan jangkauan sinyal lemah atau mungkin sama sekali tidak ada sinyal, Wifi hotspot android mungkin tidak ada gunanya sama sekali, karena tidak bisa digunakan sebagai perangkat koneksi data internet nirkabel. Namun untung saja masih ada solusi yang tepat yang bisa membuat sebuah sinyal Wifi hotspot android bisa menjadi lebih luas jangkauannya atau coverage-nya berada di lokasi yang membuat cell signal Wifi hotspot tethering yang mengakibatkan sinyal menjadi jelek.

Seorang user yang tinggal di daerah pedesaan sebagian besar memang tidak memiliki koneksi internet broadband di rumahnya. Namun, mereka bisa mengakses internet dengan cara menggunakan perangkat androidnya untuk tethering dan menambatkan perangkat laptop serta perangkat nirkabel lainnya agar bisa terhubung dengan koneksi internet. Masalahnya sekarang ialah, jika beberapa di dalam anggota keluarga juga ingin berbagi hotspot wifi android, maka semuanya harus cukup dekat dengan posisi smartphone atau tablet android dalam waktu yang bersamaan. Apakah memang ada cara khusus untuk menambah dan memperluas jangkauan sinyal tethering atau hotspot Wifi android, entah itu di jaringan 2G, 3G, 4G, HSDPA, 3, maupun 5G? Anda harus memiliki sebuah adaptor powerline dan Wifi router dan ini akan membantu.

trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com

Jika Anda bisa menggunakan perangkat android Anda untuk mengakses data internet, biasanya penyedia layanan internet mungkin akan menawarkan USB data dongle yang bisa Anda order. Cobalah Anda pesan salah satu dari fitur layanan yang mereka tawarkan kemudian periksa dengan router apa mereka bisa bekerja. Siapkan sebuah router, lalu hubungkan perangkat lain ke router. Tentunya ini akan membuat koneksi dan kecepatan internet lebih cepat dan lebih stabil daripada hanya menggunakan ponsel Anda dengan akses WiFi biasa. Pastikan juga Anda harus menyadari batas penggunaan data di paket internet yang Anda aktifkan tersebut, dengan beberapa kegunaan dan jenis video streaming seperti YouTube atau Netflix, Anda bisa menggunakan semua data dari lebih dari 2 paket internet sekaligus.

Cara yang paling efektif untuk dapat memperluas jangkauan sinyal Wifi adalah dengan menggunakan Power Line Adapter atau biasa disebut juga dengan Power Line Communication (PLC). Cara kerja perangkat ini adalah mentransmisikan data internet melalui jaringan kabel listrik yang biasanya terdapat di sebuah gedung atau rumah. Namun ini bukanlah metode yang praktis dan tentunya akan menghabiskan cukup banyak biaya untuk membeli seperangkat set yang mahal agar bisa bekerja dengan baik. Kami pernah menyewa sebuah kamar di sebuah rumah, dan rumah tersebut sudah memiliki jaringan nirkabel yang terpasang, namun masalahnya disini yaitu kami punya desktop dan kartu nirkabel dengan jenis yang biasa-biasa saja sehingga sinyal yang ditangkap menjadi sangat rendah. Sebenarnya kami hampir yakin bisa menggunakan powerline, namun kemudian ada beberapa orang yang memberitahu bahwa adaptor powerline yang terhubung ke power supply listrik, jika terjadi kegagalan maka listrik 240 volts yang melewati kabel ethernet itu bisa melelehkan motherboard laptop atau PC.

Anggapan bahwa Power Line bisa membakar laptop atau komputer jika perangkat gagal sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Secara teori bisa saja Anda memiliki masalah yang sama dengan router yang juga memiliki koneksi ke sumber daya listrik. Perangkat dengan desain mengisolasi ethernet dari kekuatan yang sebenarnya baik magnetis atau optik. Akan jauh lebih mungkin perangkat terkena arus pendek dan membakar rumah itu sebelum listrik melalui kabel ethernet. Secara logika sih..

Tetapi mungkin juga itu bukan cara yang optimal untuk melakukan hal tersebut, kami menyarankan Anda agar mencoba menggunakan Wireless repeater / extender. Ini akan memotong jumlah kecepatan Anda sebanyak hampir setengahnya. Ada beberapa masalah lainnya, contohnya banyak hotspot pada ponsel atau smartphone yang tidak mendukung WDS (Wireless Distribution System). Padahal ini adalah fitur yang memungkinkan banyak mac address terhubung dan terkoneksi ke Wifi repeater. Anda mungkin memerlukan repeater khusus yang bisa bekerja fungsinya sebagai router juga. Akan tetapi untuk membuat Wifi Repeater sekaligus menjadi Router, cenderung agak rumit dan cukup sulit untuk menyetting setup atau konfigurasinya. Mungkin akan lebih baik jika Anda mencari router broadband 3G / 4G yang dapat mengambil SIM langsung atau dapat ditethering dengan kabel ke pesawat telepon. Solusi ini akan memungkinkan Anda memiliki akses dengan kekuatan penuh dari wireless router dan tidak akan ada degradasi karena fungsi repeater. Anda perlu menggali meskipun didukung dari operator, hanya untuk memastikan ISP atau telepon/SIM Anda akan tetap bekerja.

Wifi Repeater bisa menjadi alternatif terakhir pilihan Anda, bahkan ketika mereka bekerja dengan sempurna mereka menyebabkan degradasi besar-besaran dalam kualitas sinyal. Anda mendapat sinyal yang kuat namun Anda juga dapat secara intensif mentransmisikan sinyal yang tercampur, baik kuat maupun lemah. Ini adalah skenario terburuk untuk game online yang tidak mentolerir packet loss atau random delays. Opsi pertama adalah untuk memastikan muka antena menghadap ke arah router. Banyak orang menempatkan CPU Desktop PC di bawah meja dan sedikit mengenai dinding yang memblokir sinyal ke antena receiver. Anda juga bisa mencoba menggunakan kabel yang dapat memperpanjang antena sehingga bisa memperluas jarak jangkauan sinyal Wifi android. Tips ini tidak menghabiskan banyak biaya walaupun Anda lebih baik berinvestasi di unit powerline.

Cara Tepat Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot Tethering Android

Pertama, coba Anda ubah posisi atau titik lokasi penempatan Wifi hotspot android Anda. Cobalah kamar yang berbeda dari rumah atau apartemen yang Anda tempati sekrang, atau bahkan bisa juga ditaruh di tingkat lantai lain yang ada di rumah Anda, cara ini hanya untuk memastikan apakah Anda menerima sinyal dengan lebih baik atau tidak. Sinyal seluler cenderung berfluktuasi dalam gedung, sehingga dengan mencoba lokasi yang berbeda, kemungkinan besar Anda bisa sering menemukan tempat yang menyediakan penerimaan yang lebih baik. Anda juga bisa mencoba menempatkan hotspot android di sebelah jendela. Bahan bangunan cenderung menghalangi sinyal seluler, dan kaca bening memungkinkan sinyal untuk melewati lebih mudah daripada dinding bata atau atap penghalang rradiasi sinyal pada rumah Anda.

Lebih baik lagi, Anda bisa gunakan salah satu tips di atas dalam hubungannya dengan tool peta layanan mobile. Anda bisa dengan mudah mendownload dan menginstall sebuah aplikasi atau juga menemukan situs web yang menunjukkan lokasi yang tepat di daerah Anda dari menara seluler untuk berbagai operator Internet Service Provider (ISP).

Ketika Anda tahu di mana menara operator seluler terdekat dari lokasi Anda berada, maka selanjutnya Anda bisa menempatkan hotspot di kamar atau di samping jendela di sisi rumah yang terdekat dengan tower pemancar atau BTS. Untuk menemukan aplikasi atau tool ini, Anda bisa mencarinya di Google Play Store atau browsing langsung di Google. Ada bermacam-macam pilihan aplikasi yang bagus yang bisa Anda coba gunakan untuk menemukan tower telekomunikasi atau operator internet.

    Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Hotspot dengan Menggunakan Booster atau Repeater

    Jika semua cara di atas gagal untuk meningkatkan jangkauan sinyal hotspot Anda, maka kemungkinan anda memerlukan sebuah penguat sinyal ponsel atau signal booster. Sebuah penguat sinyal dapat membuat sinyal menjadi lebih kuat dan bisa diandalkan untuk hotspot Anda. Pastikan perangkat yang bergantung pada Wifi memiliki konektivitas data internet yang Anda butuhkan.

    trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com

    Jika Anda menggunakan hotspot di rumah atau kantor, setiap Wi-Fi Extender dalam ruangan penguat sinyal akan bekerja dengan baik untuk tujuan ini. Tempatkan hotspot sedekat mungkin sesuai dengan yang Anda mampu pada antena indoor (perangkat) sehingga bisa menerima sinyal terkuat yang ada.

    Jika kendaraan Anda berfungsi sebagai kantor mobile, atau Anda perlu menjaga anak-anak terhibur selama perjalanan keluarga, hotspot bisa sangat amat diperlukan. Dan saat Anda mengemudi mobil, maka booster sinyal akan memastikan bahwa lalu lintas data Wifi terus mengalir tanpa gangguan apapun.

    Meningkatkan Jangkauan Sinyal Wifi di mobil

    Sebuah cradle booster penguat sinyal untuk kendaraan Anda seperti Drive 4G-S sangat baik dalam menjaga perangkat hotspot Anda aman di tempatnya dan tentu saja dapat meningkatkan sinyal. Jika Anda membutuhkan sinyal yang di boost untuk ponsel Anda serta hotspot, booster nirkabel untuk kendaraan seperti weBoost Drive 4G-X menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkannya.

    Drive 4G-X mengirimkan sinyal yang telah diperkuat untuk semua perangkat seluler diaktifkan di dalam kabin kendaraan Anda. Jadi anak-anak bisa menggunakan tablet mereka di kursi belakang masih tetap bisa terhibur dan Anda masih dapat menjawab panggilan masuk dengan headset wireless Anda.

    Manfaat tambahan lainnya, di daerah miskin sinyal booster ponsel juga akan meningkatkan kecepatan data untuk upload dan download lebih cepat dari biasanya. Dan tentu saja juga akan meningkatkan sinyal seluler untuk telepon Anda dan sekaligus meningkatkan area cakupan sinyal.

    trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com

    Jika Anda belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang  Anda inginkan, silahkan Anda coba terapkan beberapa tips dan trik tambahan untuk meningkatkan jumlah bar sinyal untuk hotspot Anda.

    Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Smartphone 4G

    Jika anda ingin meningkatkan radius jangkauan sinyal hotspot Wifi 4G, mungkin Anda berpikir untuk memiliki beberapa Adapter Powerline pada koneksi jaringan internet 4G melalui instalasi listrik rumah. Namun berdasarkan pengamatan kami, itu semua tampaknya memerlukan router dengan kabel Ethernet untuk dipasang ke adaptor Powerline pertama.

    Perangkat hotspot kecil ini dirancang untuk menghemat daya sehingga mereka tidak memiliki radio nirkabel wireless yang bisa berjalan dengan kekuatan penuh dan kami tidak berpikir Anda bisa mengubah ini.

    Solusi Anda adalah twist yang menarik pada bangunan repeater Anda sendiri. Yang Anda butuhkan adalah apa yang disebut client-bridge yang kemudian Anda pasang ke perangkat powerline. Efek tindakan ini adalah wireless nic card yang mengubah sinyal untuk ethernet.

    Dalam kebanyakan kasus orang hanya menggunakan repeater wireless yang melakukan fungsi yang serupa dengan client-bridge, namun mengirim ulang sinyal secara nirkabel. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan gangguan, meskipun Anda mendapatkan lebih banyak cakupan tapi tetap saja kurang stabil. Ini adalah salah satu pengorbanan dimana Anda harus memutuskan apakah itu lebih baik atau tidak.

    Solusi yang kami usulkan adalah sama ketika Anda akan menempatkan AP (Access Point) pada sebuah perangkat powerline. Ia tidak memiliki masalah dengan transmisi dari atas sinyal asli. Pengorbanan yang perlu Anda lakukan dalam hal ini adalah membeli banyak lagi peralatan yang lebih mendukung.

    "Jumlah IP Address yang banyak untuk perangkat wireless yang terhubung dengan Wifi hotspot perangkat smartphone 4G harus mendukung WDS untuk memungkinkan Anda agar bisa menjalankan repeater atau client-bridge di mode "bridge"yang sebenarnya. Secara umum Anda bisa hanya dengan melampirkan sebuah perangkat melalui setiap koneksi nirkabel dengan metode enkripsi, WDS digunakan untuk memberi pembatasan ini.

    Jika smartphone 4G di android Anda tidak mendukung WDS, maka Anda perlu menggunakan perangkat yang lebih maju. Ini adalah bentuk client-bridge yang dapat bertindak sebagai router. Kebanyakan yang pernah kami temukan banyak digunakan pada peralatan outdoor bridge atau bridge luar ruangan. Outdoor bridges dari Engenius atau Ubiquiti memiliki kemampuan untuk berjalan dalam mode bridge khusus di mana mereka bertindak sebagai router. Sayangnya ini berarti Anda memiliki jaringan kedua di rumah Anda.

    Cara Meningkatkan dan Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Dengan Router

    Selama ini orang memiliki ketergantungan untuk menggunakan smartphone atau tablet android sebagai mobile Wifi hotspot yang merupakan internet utama dan bukan broadband. Tentu range jangkauan mobile Wifi hotspot tersebut sangat pendek, tapi router WiFi yang ada tetap bisa meng-cover seluruh area rumah. Router adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengirimkan paket data internet pada sebuah jaringan komputer atau smartphone.

    trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com

    Misalnya seseorang memiliki ponsel 4G di sudut rumahnya dan mampu menerima sinyal 4G, di cek menggunakan speedtest.net mendapatkan sekitar 20Mbps, itupun jika orang tersebut terhubung langsung ke ponselnya dari laptop dan duduk di sebelahnya.

    Jika kamar tidur berada di sisi berlawanan dari rumah dan di dalamnya smartphone android yang digunakan tidak menerima 4G, berarti harus didukung memakai alat. Coba gunakan extender WiFi. Jika posisi duduk berada di samping ponsel android dan terhubung ke extender (yang memperluas hotspot smartphone adroid), maka bisa mendapatkan sekitar 7Mbps. Namun jika duduk di kamar dan terhubung ke extender WiFi, maka bisa mendapatkan kecepatan 0.9Mbps. Jika menjalankan speed test di ponsel tentunya masih bisa mendapatkan kecepatan internet 20Mbps.

    Kenapa jarak antara laptop dan extender WiFi bisa mempengaruhi kecepatan internet? Ini adalah penjelasan yangmendasar mengapa jarak antara Wifi dan perangkat lainnya sangat berpengaruh. Hotspot telpon pada umumnya cuma memiliki rentang kurang dari 10 meter karena pembatasan power. Sekarang wifi extender Anda mungkin jauh lebih efektif dengan line yang jelas terlihat, tetapi dari apa yang kita lihat, bahwa dapat disimpulkan ketika Anda mencoba untuk mendapatkan sinyal melalui setidaknya 3 lapis dinding, maka tidak akan bekerja dengan baik, kecuali jika Anda memiliki router yang kuat .

    Kisaran jangkauan hotspot di perangkat android itu sangatlah kecil, itulah sebabnya harus didukung dengan Wifi extender. Sinyal dari extender terbilang kuat, jika sinyal WiFi dari extender menjadi lemah ketika posisi di kamar tidur, maka bisa disebabkan oleh koneksi lokal dan kecepatan data internet yang lambat.

    Di bawah ini kita bisa menggunakan router WiFi untuk mengulangi koneksi hotspot mobile. Router Wifi yang digunakan adalah TP-LINK-MR3420 dan ponsel Android Samsung Galaxy S6.

    Langkah pengaturan:
    1. Masuk ke bagian 'Wireless' dari menu router Anda.
    2. Kemudian pilih "enable WDS bridging" atau sesuatu yang serupa di router Wifi Anda.
    Catatan: Beberapa router tidak memiliki WDS / fungsi bridging, jadi Anda harus mengubah router nya sendiri. ( WDS = Wireless Distribution System)
    3. Klik tombol 'survey'. Hal ini menunjukkan semua koneksi yang tersedia dalam jangkauan Anda (masukkan rincian secara manual jika tidak ada pilihan survey).
    4. Pilih koneksi yang ingin terhubung.
    5. Masukkan kata kunci atau password.
    6. Setelah itu klik simpan. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih pilihan channel yang tepat. Klik saja tombol Yes, maka secara otomatis akan memilih untuk Anda.
    7. Nonaktifkan DHCP.
    8. Setelah itu silahkan restart router Anda.
    9. Tunggu beberapa saat untuk menghubungkan router dengan jaringan Wifi Android. Setelah pengaturan awal tidak terhubung secara langsung, dalam beberapa kasus.
    10. Harusnya ini sudah bisa bekerja. Namun jika masih belum bisa, silahkan upgrade firmware perangkat android Anda.
    trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com

    CATATAN: Ketika Anda menonaktifkan atau disable DHCP, maka Anda tidak akan dapat mengakses router Anda secara langsung (192.168.0.1 dll), tetapi internet Anda harus bekerja. Untuk mengakses router Anda, Anda harus mengkonfigurasi alamat IP dari koneksi Anda.

    Cara Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Dengan Menggunakan DD-WRT

    DD-WRT adalah sebuah firmware open source gratis berbasis GNU/Linux yang dapat dimuat ke router nirkabel yang kompatibel dan digunakan untuk membuat hotspot untuk berbagi koneksi Internet Anda.

    Instalasi DD-WRT pada router dalam banyak kasus hampir mirip layaknya menginstal program, aplikasi, dan software ke laptop atau komputer Anda. Namun, jika melakukannya secara sembarangan hal ini bisa membuat router Anda tidak dapat berfungsi, sehingga tidak dapat digunakan sama sekali. Menginstal program pada router, yang dikenal sebagai firmware, yang dicapai dengan metode yang disebut flashing. Artikel ini membantu Anda menentukan proses instalasi untuk router Anda, serta memberikan saran router dan informasi tentang cara flashing masing-masing perangkat router.

    Langkah-langkah setup dan install DD-WRT:
    1. Langkah 1 - Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal firmware DD-WRT pada router Anda. Proses ini sebenarnya cukup sederhana, Anda hanya perlu men-download firmware DD-WRT dan load program tersebut dengan fitur upgrade firmware yang ada pada menu router Anda.
    2. Langkah 2 - Setelah Anda selesai menginstal firmware DD-WRT, selanjutnya melakukan penyettingan. Pertama, Anda harus menetapkan SSID jaringan pada smartphone Android Anda, menyetting security untuk "WPA2 PSK", dan password. Buatlah SSID yang mudah diingat karena nantinya Anda harus mengetik ulang untuk pengaturan repeater baru Anda. Pastikan juga Anda menggunakan karakter lowercase agar tidak terjadi kesalahan saat input karena repeater biasanya memiliki kolom isian case sensitive. Kemudian hidupkan hotspot WiFi Android Anda dan meletakkannya pada lokasi yang diinginkan di rumah Anda yang mendapat kecepatan download yang terbaik (Anda dapat menggunakan aplikasi SpeedTest untuk menguji kecepatan internet Anda).
    3. Langkah 3 - Selanjutnya, lakukan hard-reset pada router Anda. Hampir semua atau sebagian besar router biasanya memiliki tombol hard reset di bagian belakang, silahkan tekan dan tahan tombol hard reset selama 30 detik.
      trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com
    4. Langkah 4 - Buka dan masuk ke layar komputer Anda, dan koneksikan ke "DD-WRT" wireless connection, (atau Anda juga dapat melakukan pada ponsel atau tablet) dan ketik "192.168.1.1" di URL dari browser. Anda mungkin akan melihat layar berikut, silahkan set username dan password router.
      trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com
    5. Langkah 5 - Masuk ke menu pengaturan Wireless->Basic Settings. Set "Wireless Mode" dengan memilih "Repeater Bridge", pilih "Wireless Network Mode" untuk "Mixed" atau sinyal apa pun yang Anda ingin repeat, dan atur SSID ke SSID yang sama dengan set pada WiFi Hotspot Android Anda. Kemudian tekan tombol "Save".
      trik, cara membuat hotspot portabel dengan android, memperluas jangkauan wifi android, kemampuan wifi tethering, jarak jangkauan wifi dari lokasi hotspot, cara mengaktifkan sinyal wifi di hp android, cara memperkuat dan menarik sinyal wifi hotspot tethering android, tethering atau portable wifi hotspot dari smartphone, sarewelah.blogspot.com
    6. Langkah 6 - Selanjutnya, tekan tombol "Add" di bawah "Antarmuka Virtual" dan menetapkan nama baru untuk repeater baru Anda. Dalam kasus saya, saya bernama repeater baru saya "wifimaxrepeater".
    7. Langkah 7 - Kita hampir selesai, pergi ke wireless-> Wireless Security kemudian setting semua Security Mode menjadi "WPA2 Personal", untuk "WPA Algorithms" pilihlah opsi "AES", dan untuk "WPA Shared Key" sama dengan password WiFi Hotspot Android Anda. Kemudian tekan "Save". Ini juga merupakan password untuk repeater baru Anda sehingga ingat baik-baik ya.
    8. Langkah 8 - Kita harus menonaktifkan firewall karena akan mengganggu kinerja repeater yang baru, buka menu Security-> Firewall, set atau atur "SPI Firewall" menjadi "Disable" dan tekan "Save" di bagian bawah layar.
    9. Langkah 9 - Jika Anda ingin mengakses router nanti, Anda mungkin ingin juga enable GUI web, jadi pergi ke Administration dan mengatur "Web GUI Management" menjadi "Enable".
    10. Langkah 10 - Di sinilah bagian yang paling menarik dan menyenangkan karena Anda dapat secara manual meningkatkan daya transmisi sinyal nirkabel Anda. Buka wireless-> Advanced Settings dan mengatur "TX Power" menjadi sekitar 180. Hal ini akan meningkatkan sinyal repeater Anda dengan frekuensi lebih dari dua kali lipat sehingga Anda dapat mengulangi / memperluas jangkauan dari WiFi Hotspot Android sampai maksimal!
    11. Langkah 11 - Setelah selesai, periksa dan pastikan semuanya sudah dilakukan dengan benar dan kemudian tekan "Apply Settings". Dengan menekan tombol ini maka akan menerapkan semua yang Anda set pada router dan memulai mode repeating.
    12. Langkah 12 - Berikan router Anda sekitar 5 menit untuk reboot kemudian mencoba menghubungkan ke repeater baru Anda. Jika tidak terhubung langsung, coba reset router kemudian coba lagi setelah 5 menit. Jika komputer Anda tidak terhubung langsung, biarkan selama 5 menit dan coba lagi, hingga akhirnya akan terhubung dengan internet. Jika tidak, Anda mungkin telah melakukan pengaturan yang salah.
    13. Langkah 13 - Setelah router telah berhasil me-repeat WiFi HotSpot Android, sekarang Anda dapat tethering smartphone Android Anda dari mana saja di rumah Anda dengan kecepatan yang layak.
    Cobalah menempatkan WiFi HotSpot Android di titik tengah antara titik terjauh di rumah Anda dan smartphone Android Anda. Dengan cara ini, Anda memperpanjang sinyal nirkabel Anda sebanyak mungkin ke seluruh penjuru ruangan.

    Mempunyai masalah pada saat pengaturan?

    Jika Anda tidak bisa mendapatkannya bekerja pertama kalinya, jangan khawatir, memang butuh waktu beberapa kali untuk sampai berhasil, cara mengatasi masalah ini adalah cukup memulai lagi dari Langkah 1 dan mencoba beberapa kali sampai router DD-WRT dapat bekerja.

    Setelah repeater Anda mulai bekerja, itu tidak akan pernah berhenti bekerja. Selalu ingat SSID dan password yang Anda selalu dapat mengatur setiap smartphone android Anda dengan SSID dan password yang sama jika Anda ingin menggunakan perangkat Android lain sebagai WiFi HotSpot. Kebanyakan user biasanya melakukan switch contohnya pada Samsung Galaxy Note 5 dan Note 6 dengan memberi nama SSID WiFi HotSpot sebagai "notetwo", dengan cara itu maka kita tidak perlu me-reset setting pada router.

    Ada 2 pengaturan penting yang harus diperhatikan agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Poin pertama, router harus set dahulu ke channel WiFi yang sama seperti hotspot. Masalahnya adalah beberapa smartphone atau tablet diset menjadi auto dan Anda tidak dapat mengubah ini. Smartphone Android akan beralih channel jika channel itu terlalu ramai. Router itu sendiri dapat menyebabkan smartphone untuk beralih channel, sehingga router harus diaktifkan setelah hotspot ponsel Android diaktifkan. Poin kedua, alamat gateway harus diatur. Ini akan menjadi alamat IP dari hotspot. Jika tidak di-set maka tidak akan bisa terhubung dengan internet.

    Itu saja yang harus kita lakukan untuk memperluas jangkauan sinyal Wifi Android. Jika Anda ingin berbagi tips atau trik tentang topik cara memperluas jangkauan sinyal Wifi Hotspot Tethering Android silahkan berkomentar.

    Sumber: http://settingcomputers.blogspot.co.id/2017/02/cara-memperluas-jangkauan-sinyal-wifi-hotspot-tethering-android.html

     

    Post a Comment

    Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: