Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android?

tags: antivirus terbaik for android, perlukah aplikasi clean master untuk android, perlukah android dipasang antivirus di hp, perlukah android diberi antivirus, perlukah memasang antivirus di android, pentingkah clean master untuk android, apakah android perlu antivirus, apakah android bisa terkena virus, dampak buruk antivirus, antivirus paling bagus untuk smartphone, sarewelah.blogspot.com

Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android? - Sama halnya seperti manusia, smartphone atau perangkat android juga bisa sakit. Virus bisa membuat Android menjadi lumpuh dan tidak bekerja secara maksimal, layaknya seorang manusia yang pergi berangkat kerja ketika kondisi cuaca buruk. Setidaknya, inilah aplikasi yang dibuat oleh pengembang perangkat lunak anti-virus yang bisa Anda percaya untuk menemuka solusnya. Banyak user yang bertanya, apakah antivirus itu masih dibutuhkan untuk di-install di perangkat android? Karena itulah kita akan bahas pentingnya perlindungan antivirus utuk hp smartphone android. Apa itu antivirus, apa fungi dari antivirus untuk android, dan apakah seorang user wajib menginstall anti virus di androidnya.

Apa itu Virus?

Virus adalah sejenis program berbahaya software (malware) yang dianggap seperti penyakit oleh sebagian besar perangkat elektronik. Seperti kita ketahui bahwa platform android sudah berkembang sedemikian rupa sehingga menjadi lebih banyak digunakan. Tentu saja potensi jumlah ancaman ke sistem juga akan selalu ikut berkembang. Ditambah lagi sekarang semua orang bisa ikut leluasa menjadi seorang developer aplikasi Android yang difasilitasi bebas di Google Play Store. Sebuah laporan terbaru dari Cheetah Mobile menunjukkan bahwa jumlah pengguna android setiap harinya yang terinfeksi oleh malware sudah meningkat lebih dari 11.000 pengguna untuk hampir 17.000 pengguna antara periode 16 Mei dan 15 Juni. User android banyak yang ketakutan jika hp android-nya terkena virus tersebut, karena hal ini bisa mengganggu terhadap aktivitas mereka. Beberapa platform mobile yang ada sekarang bahkan mengandung ancaman keamanan terbesar, ada sekitar 97% dari semua serangan Malware yang ditargetkan terhadap android pada akhir tahun 2013 silam.

antivirus terbaik for android, perlukah aplikasi clean master untuk android, perlukah android dipasang antivirus di hp, perlukah android diberi antivirus, perlukah memasang antivirus di android, pentingkah clean master untuk android, apakah android perlu antivirus, apakah android bisa terkena virus, dampak buruk antivirus, antivirus paling bagus untuk smartphone, sarewelah.blogspot.com

Virus itu Sebenarnya Berasal Dari Mana?

Google Play Store mengklaim bahwa virus terbesar dengan jenis malware ini sebagian besar timbul dari akses perangkat Android. Banyaknya aplikasi andrid yang tersebar namun diragukan dan tidak dikenali biasanya diklaim bisa menyebarkan virus. Kurangnya aturan policy membuatnya menjadi sasaran empuk bagi para develper pembuat virus untuk menyebarkan malware tersebut lewat perangkat android hanya dengan sebuah aplikasi.

Apa Risiko Terkena Virus?

Ancaman keamanan malware yang masuk ke sistem di perangkat Android ini bermacam-macam. Di beberapa kasus, ada yang berbentuk kiriman iklan yang masuk ke smartphone Anda. Perangkat lunak jahat seperti ini bisa menipu dengan cara meniru situs yang biasanya Anda akses, sehingga Anda dengan tidak sadar memberikan password atau rincian informasi kartu kredit Anda. Salah satu risiko keamanan yang paling umum adalah dalam aplikasi dari Play Store yang mengaku sebagai aplikasi terkemuka, dan setelah diinstal mereka akan mengirim sebuah pesan teks ke nomor telepon premium Anda untuk menguras uang dari rekening Anda. Program-program ini sudah direkayasa sedemikian rupa untuk mengambil keuntungan dari para pengguna smartphone android.

Bagaimana Kita Tahu Kalau Smartphone Kita Telah Terinfeksi Malware?

Sering kali Anda tidak sadar jika smartphone Anda sedang berada di bawah ancaman, atau mungkin Anda seringkali terpancing untuk men-download sebuah aplikasi yang justru berpotensi membahayakan. Sebuah penipuan terbesar melalui mobile smartphone baru-baru ini terjadi di Korea, dimana user Android menerima pesan singkat yang mengatakan bahwa mereka telah memenangkan sebuah undian lotere, dengan disertai tautan link ke sebuah landing page untuk mengetahui informasinya lebih lanjut. Sebagian user banyak yang tidak menyadari ketika mengklik link tersebut maka secara otomatis akan menginstall sebuah perangkat lunak yang membahayakan.

Apa Itu Aplikasi Antivirus?

Aplikasi antivirus merupakan sebuah metode untuk mengidentifikasi ancaman terhadap handset sebuah perangkat android. Ada lebih dari ratusan bahkan ribuan aplikasi antivirus yang tersedia secara gratis di Google Play Store (AV-Test, adalah sebuah Independent security institute, menyusun tabel liga aplikasi antivirus setiap beberapa bulan dan menentukan aplikasi antivirus terbaik untuk Android, seharusnya Anda tertarik untuk mengetahuinya). Mereka bekerja sama dengan perangkat lunak antivirus pada PC, setelah menginstallnya Anda bisa menggunakannya untuk memindai file pada perangkat hp Anda untuk perangkat lunak licik yang tidak sengaja di-download, dan perangkat lunak akan mendeteksi semua masalah. Tidak seperti aplikasi antivirus windows, bagaimanapun juga aplikasi antivirus di android tidak secara otomatis akan menghapus perangkat lunak berbahaya di hp Anda. Karena Anda harus melakukan ini secara manual setelah mereka telah teridentifikasi.

Berapakah Harga Aplikasi Antivirus?

Untuk masalah harga, antivirus bervariasi, karena sering ada versi gratis dan berbayar dari aplikasi yang sama, namun sebagian besar fungsi penting tersedia juga dalam versi gratis. Jika Anda ingin membayar untuk versi premium dari aplikasi antivirus, maka biasanya aplikasi premium memberikan puluhan fitur tambahan yang tidak tersedia pada versi gratis. Dan tentu saja yang premium jauh lebih bagus daripada yang gratisan dari segi security nya.

Mengapa Tidak Menginstal Aplikasi Security Gratis?

Beberapa orang banyak yang memperdebatkan apakah aplikasi antivirus menawarkan manfaat discernable ke perangkat android usernya? Aplikasi keamanan ini tidak dapat melindungi perangkat smartphone Anda secara efektif, karena pada kenyataannya sebagian besar perlindungan yang mereka tawarkan hanya mulai berlaku setelah Anda sudah menjadi korban malware. Sebagian besar malware yang didapat dari Google Play Store memiliki tingkat keamanan standard karena dapat dihindari hanya dengan mencari informasi mengenai aplikasi yang ingin Anda download.

Aplikasi antivirus Android akan berpotensi mengkonsumsi baterai, mengambil ruang disk, mengganggu Anda dengan pemberitahuan dan mengurangi kecepatan pemrosesan. Tentunya itu tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya dan berapa banyak aplikasi antivirus Android akan mempengaruhi sistem Anda. Namun biasanya sebagian besar user android pernah mendapatkan ancaman keamanan dan tidak melihat perlunya untuk mengantisipasi sistem mereka.

Kenapa Diciptakan Antivirus?

Setelah mengetahui pengumuman Cheetah Mobile tentang peningkatan global malware di smartphone android, pernyataan pembukaan kami di awal tampaknya memang sedikit agak meragukan. Namun patut diketahui juga jika seorang pencuri, cracker, hacker, bandit, atau bahkan seorang preman sekalipun, mereka akan mencoba untuk mengeksploitasi apa pun dari targetnya, dan tidak dapat disangkal bahwa platform android dengan 1 miliar pengguna aktif akan menjadi sasaran empuk mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk kasus sebuah penipuan, apakah sebuah virus trojan et al bisa dihindari dengan meningkatkan sistem keamanan di smartphone Anda? Dalam kebanyakan kasus bisa dibilang, ya. Apakah ini berarti kita tidak perlu lagi sebuah software antivirus? Selama Anda berhati-hati untuk menilai sebuah aplikasi yang terdapat di Play Store, langkah aman agar tidak ada virus yang masuk adalah dengan tidak sembarangan untuk men-download aplikasi dari sumber yang diragukan, tidak dikenali dan belum memiliki reputasi baik.Ancaman terhadap perangkat Android menjadi lebih besar dan lebih umum dari hari ke hari. Karena antivirus pun terkadang ada yang bisa kena virus. Koq bisa? Karena developer atau pembuat virus itu sendiri dari hari ke hari terus mengembangkan virus mereka untuk mengimbangi sistem yang makin di upgrade oleh semua developer mobile.

Ada beberapa berita yang muncul selama akhir pekan yang membahas tentang aplikasi antivirus . Kepala Security Engineer Google untuk Android, Adrian Ludwig, berbicara tentang pentingnya aplikasi keamanan, dia membahas beberapa poin penting seperti yang sudah kami ceritakan di awal, "Apakah pengguna Android perlu menginstal [aplikasi antivirus]? Tentu saja tidak." Dia berkata. Ludwig juga mengklaim bahwa kabar ancaman malware android terlalu "berlebihan".

Jadi apa sebaiknya yang harus kita lakukan? Kepala Security Engineer Google mengatakan tidak masalah, dia juga tidak melarang perusahaan antivirus mencoba untuk menjual produk mereka. Perusahaan keamanan mengatakan bahwa Google sedang mencoba untuk mengecilkan kelemahan dalam Play Store sendiri (ke depan ekspansi usaha Google cukup besar ke produk pakaian dan bahkan mobil).

Apakah aplikasi antivirus tidak efektif, atau Google hanya mencoba untuk menyapu masalah yang ada, mengambil tindakan untuk pencegahan setidaknya harus Anda lakukan untuk tetap aman. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang melindungi Android terhadap aplikasi yang Anda install, lihat artikel saya tentang Cara Aman Download Aplikasi Android Dengan Menonaktifkan App Permissions dan kapan waktu yang aman untuk men-download.

Apakah Anda menggunakan perangkat lunak antivirus di perangkat Android? Apakah Anda pikir perangkat lunak antivirus diperlukan untuk android? Perlu dicatat bahwa Cheetah Mobile adalah penyedia terkemuka perangkat lunak anti-virus, dan kami tidak bisa mengomentari seberapa akurat data tersebut jadi hanya Anda yang bisa mentukan sendiri Apakah Software Antivirus Masih Diperlukan Untuk Android atau tidak?

Post a Comment

Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: