Cara Mengatasi Force Close Ketika Bermain Game Di Android


tags: cara mengatasi force close di android, apa itu force close?, yang menyebabkan terjadinya force close, aplikasi keluar sendiri, aplikasi error, kaskus, xda developers

Cara Mengatasi Force Close Ketika Bermain Game Di Android

Apakah Anda tahu apa itu Force Close?
Apakah Anda pernah mengalaminya?
Ketika sedang asyik bermain game, aplikasi tiba-tiba keluar sendiri?
Atau saat apliksi sedang dimainkan kemudian langsung exit sendiri?
Apakah ini disebabkan oleh aplikasi di Android tersebut crash?
Kemudian aplikasi game tersebut menjadi Force Close (FC) padahal sebelumnya bisa dimainkan?

cara mengatasi force close di android, apa itu force close?, yang menyebabkan terjadinya force close, aplikasi keluar sendiri, aplikasi error, kaskus, xda developers  sarewelah.blogspot.com

Baiklah, akan saya jelaskan dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Force Close.
Force Close adalah kesalahan pada smartphone Android yang diakibatkan oleh ketidakcocokan kompatibilitas versi aplikasi.

Misal: Aplikasi A mungkin cocok untuk versi Android Jelly Bean misalnya, tapi akan bermasalah jika dijalankan di ICS atau kebalikannya. 

Apa saja yang menyebabkan terjaidnya Force Close?

  1. Data app yang corrupt (temporary data, cache, game data, dsb)
  2. Koneksi internet yang tiba-tiba putus (untuk aplikasi yang butuh sambungan internet, seperti aplikasi chatting, streaming, dan sebagainya)
  3. Aplikasi memang buggy, atau masih tahap beta (versi awal pembuatan percobaan)
  4. Aplikasi yang Anda mainkan di dapatkan dari luar Play Store.
  5. Smartphone Anda tidak compatible dengan aplikasi tersebut, tetapi masih saja dipaksa untuk dijalankan.
  6. Versi Android Anda sudah terlalu tua (biasanya Android versi Froyo 2.2 atau Gingerbread 2.3)
  7. Versi Android Anda tidak kompatibel untuk aplikasi tersebut.
  8. Hardware smartphone Anda rusak (rusak di sensor, kamera, atau koneksi internet)
  9. Smartphone Anda diroot atau heavy modified (Android yang di-root bisa menyebabkan ketidakstabilan sistem)
  10. Kurangnya dukungan dari Chipset, game dengan kualitas HD biasanya perlu Chipset yang baik untuk memproses gambar. Lemahnya spesifikasi dari CPU, Chipset, GPU, RAM, ini akan menyebakan game macet(lambat) bahkan akan menyebakan Exit sendiri.
  11. Konflik antara aplikasi & sistem, mungkin ini seperti perintah aplikasi yang tidak terespon. Misalnya aplikasi yang perlu root sedangkan perangkat belum di root menyebabkan aplikasi exit sendiri saat dibuka.
  12. Konflik data Dalvik, data sementara (temp files), atau data simpanan.

cara mengatasi force close di android, apa itu force close?, yang menyebabkan terjadinya force close, aplikasi keluar sendiri, aplikasi error, kaskus, xda developers  sarewelah.blogspot.com


Bagaimana cara mengatasi Force Close?

Cara mengatasi Force Close antara lain:

Restart perangkat
Hal yang paling dasar adalah mematikan perangkat Android Anda, kemudian menghidupkannya kembali

Manual Force Stop
Cobalah untuk me-restart aplikasi yang mengalami Force Close. Caranya dengan melakukan force stop manual, Anda masuk saja ke menu Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang Anda inginkan untuk di Stop, klik tombol “Force Stop”. Setelah itu nyalakan kembali aplikasi seperti biasa.

Hubungkan Smartphone Android ke Internet / Wi-fi / Paket Data
Anda harus mencoba cek koneksi internet di Android Anda. Untuk menyalakan internet secara manual, Anda masuk ke menu Settings > Wireless & Network > Mobile Networks > Enable data access. Atau simply koneksikan ke wi-fi yang ada di sekitar Anda. Selain internet, Anda juga perlu menyalakan Location Service, karena beberapa aplikasi (contohnya Foursquare) tidak berfungsi jika Location Services di Android Anda dimatikan.

Clear Cache/Data Aplikasi
Anda perlu melakukan Clear Cache untuk mengetahui adanya data yang korup. Untuk melakukan Clear Data, caranya sama seperti di atas, masuk ke menu Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda Stop klik “Clear Data”. Saat melakukan langkah ini data-data di aplikasi akan terhapus semua, dan biasanya Anda akan diperkenankan untuk login kembali saat menyalakan aplikasi tersebut. Anda bisa gunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan smartphone Anda dari data-data sampah yang tidak penting.

Reinstall atau Install Ulang Aplikasi
Cara ini sangat disarankan jika aplikasi Anda adalah aplikasi bajakan. Caranya, masuk ke menu Settings > Application Manager, kemudian klik Uninstall. Untuk menginstall nya kembali, bisa melalui Play Store.

Update Aplikasi
Anda harusnya rutin mengecek update untuk aplikasi-aplikasi yang bermasalah di ponsel Android Anda. Caranya masuk ke Play Store > My Apps. Namun Anda mesti cermat saat menginstall update, kadang ada update yang malah membuat aplikasi menjadi bermasalah.

Update Android OS
Anda harus mencoba untuk update Android OS terbaru yang tersedia bagi smartphone Adnroid Anda. Hal ini sangat disarankan untuk Anda yang masih menggunakan Android versi GingerBread (2.3) ke bawah. Apabila ada versi terbaru, ada baiknya jika Anda langsung update Android OS nya. Karena aplikasi yang muncul sekarang rata-rata bekerja cukup baik di Android minimal OS 4.0 (Ice Cream Sandwich). Untuk melakukan update, Anda masuk ke menu Settings > About Phone > System Updates.

Switch dari ART ke Dalvik Runtime
Untuk Android OS versi Kitkat ke atas disediakan runtime alternatif selain Dalvik, yaitu ART (Android RunTime). ART bisa mempercepat kinerja aplikasi dan OS, namun sayangnya belum semua aplikasi kompatibel atau bisa berjalan mulus di ART. Karena itu kalian bisa mengecek runtime yang digunakan pada Android KitKat Anda, dan menggantinya ke Dalvik untuk kompatibilitas aplikasi yang lebih luas. Caranya, aktifkan Developer Options dengan cara klik beberapa kali “build number” di menu About Phone. Setelah itu masuk ke Developer Options dan pilih Select Runtime > Dalvik.

Factory Reset Smartphone Anda
Langkah ini terbilang cukup ekstrim karena dengan melakukan factory reset akan menghapus semua data di smartphone Anda. Namun apabila mengalami Force Close yang cukup parah dan terjadi lebih dari satu aplikasi yang ada di Android Anda, maka opsi ini perlu dipertimbangkan. Factory reset akan mengubah status android Anda menjadi sama seperti saat pertama kali Anda membelinya. Karena dengan cara ini pastinya akan menghapus semua data, entah itu data foto/video, data aplikasi, dan data update Android OS yang pernah Anda install. Caranya cukup simple, Anda masuk saja ke menu Settings > Backup & Reset > Factory Data Reset. Jangan lupa untuk mem-backup data penting di Adnroid Anda sebelum mencoba langkah yang ini.

Nah, semoga informasi ini berguna untuk Anda. Oya, jangan lupa download juga:

67 komentar untuk "Cara Mengatasi Force Close Ketika Bermain Game Di Android"

  1. Misalnya kalau game.petualangan terus udah jauh, terus kena force close terus dihapus data nya nanti game nya itu dari awal lagi apa gk TOLONG DIJAWAB YA

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harus dari awal soalnya kan temporary data, cache, game data, dsb itu semua harus dihapus..

      Delete
    2. Kenpa ya klau buat maen game walking war robot
      Blum masuk langsung keluar sendiri ya ??

      Delete
    3. coba di cek ada pembaruan sistem gak hapenya.. kalo ada update aja barangkali perlu update sistem

      Delete
    4. Backup dulu data game jny pake titanium backup .

      Delete
  2. Tapi kalo online kayaknya enggak, seperti Coc contohnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya soalnya kan registrasi via email jd data bisa di backup ke akun email google + dsb...

      Delete
  3. Tolong dijawab gue main game jurasic world game yg terbaru "itu" koq keluar sendiri terus gue bingung coba kasih saran ya gan thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. game online ato game offline biasa? kalo game offline mnding di backup dulu data gamenya, trus remove gamenya install ulang..

      Delete
  4. gan kalau untuk andromax c2 selfie bisa gak?caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya kurang lebih sama aja kyk di atas mas.. itu penanganan awal ktika terjadi force close

      Delete
  5. Sip. Dicoba dulu. Aku maen coc udah selesai loading eh malah keluar sendiri. Kan ngeselin

    ReplyDelete
  6. Kalau aplikasi yg sdh pernah jalan lalu tiba2 gk mau sama sekali, gmn solusinya mbak? Mohon pencerahana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke menu Settings > Manager Aplikasi > pilih aplikasi yg edang berjalan lalu hentikan paksa (STOP).. coba jalankan ulang

      Delete
  7. Bang saya kan main NInja heroes...tiba tiba keluar sendiri...trus saya ke pengaturan di hp saya tpi gak ada aplication manager, adanya apl.... Trus saya harus kemana ya bang?? Trims

    ReplyDelete
  8. Saya main modern combat 5 tapi pas di chapter 3 sering force close setelah di update padahal sebelumnya tidak.mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo utk game yg error atau sering force close setelah di update itu masalahnya ada di developer game itu sendiri mas.. kasus yg sama ada pada let's get rich awal tahun 2016 setelah ada update terbaru jd tdk bisa login atau tdk bisa daftar baru.. paling harus di tunggu updatean selanjutnya, biasanya ada pemberitahuan dr developernya fix bug atau apa gitu..

      Delete
  9. Bon di samsung galaxy v sama andvance s4 ane mainin game magic rush heroes itu palingan main sebentar terus FC dari awal download gtu. Apa ya bon masalahnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada beberapa game setelah pembaruan mengalami bug, aku pikir itu di game nya bang bkn mslh HH nya.. coba restart dulu hapenya

      Delete
  10. Game fifa 16 ultimate wktu pertama bisa dmainkan..tp skr gk bisa dimainkan langsung dari android q..tp klo pke wifi bisa dmainkan..solusinya gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibersihin dulu cache nya,, biasanya kalo maen game semakin banyak file yg dimainkan + di update, akan menambah space di memori sementara ruang penyimpanan di memori udh makin dikit..

      Delete
  11. Masalah saya kenapa nih mas?
    Ceritanya kan saya download game modern combat 5 yg high compress OBB nya trs kan saya play nah pas udh muncul eh malah keluar sendiri tapi bukan force close? Gimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sma seperti permasalahan saya seperti itu... iya zenfone 5... gmn ya solusi nya mba?

      Delete
    2. Sama permasalahan nya seperti saya... sedang menjalan kan game crisis action... pas lg maen g lama keluar tp bkan fc kyk sya mijit yg buat multitasking... mohon pencerahan nya mba... saya pake zenfone 5

      Delete
    3. Modern Combat 5 memang tidak stabil di android. Force Close nya MC5 terjadi memang hampir di setiap ponsel android. Tunggu saja developer gamenya untuk memperbarui/ update game nya dan mengoptimalkan permainan MC5.. tenang aja, bkn gara2 hape nya koq..

      Delete
  12. Gan.. Kok saya mau download Data Game Modern Combat5 Tiba² force close.. Apa permasalahanny?? Di hp smartfren andromad c3

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek dulu cara mengatasi force close disini:

      http://sarewelah.blogspot.com/2015/05/cara-mengatasi-force-close-ketika-bermain-game-di-android.html

      Delete
  13. Gan saya main sim city pas udh masuk malah tekeluar sendiri...solusinya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. restart hapenya, ato update gamenya kalo ada updatenya

      Delete
  14. Gan kok ane sering force close terus pas main sinper fury di andromax c3 mohon pencerahannya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja krn ada pembaruan atau update dr game ybs,, dicoba aja cara di atas.. trus kalo misalkan terhubung ke Google Play, uninstall aja updatean Google Playnya..

      Delete
  15. Gan saya pake hp s6 edge main crisis action tiba2 dari ulang lg cara ngatasinnya gmn yh

    ReplyDelete
  16. Task killernya juga force close gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn pake task killer.. kalo ada msalah apa2 trkait aplikasi, mnding di brentiin lgsung di mnu pengaturannya aja.. soalnya kalo mematikan salah satu aplikasi pake task killer, maka available memory akan meningkat..

      Force Close biasa trjadi pd aplikasi yg sudah melakukan update ato kdang emg ada smacam bug.. cara prtama yg msti dilakukan, restart hp, trus uninstall pmbaruan aplikasi media yg mnghubungkan ke aplikasi ybs tsb (contoh: Google Play nya)

      Delete
  17. Kenapa di game Real Racing 3
    Keluar sendiri pas loading.
    Please galas!!!

    ReplyDelete
  18. Bon saya main game crisis action gamenya dah di perbaiki tapi kok (FC)ya bon kenapa hp saya lenovo 316i

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja spec nya gak memadai.. coba cek kapasitas memori yang dipake tuh game.. harus disisain space untuk sistem..

      kalo mau tes dgn cara lain coba pakenya di PC via emulator,, kalo masih FC berarti emg gamenya yg BUG

      Delete
  19. Gan sy main Modern Combat 5 di Asus Zenfone 2 ZE550ML,,pas sy buka koq malah force close?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modern Combat 5 memang tidak stabil di android. Force Close nya MC5 terjadi memang hampir di setiap ponsel android. Tunggu saja developer gamenya untuk memperbarui/ update game nya dan mengoptimalkan permainan MC5.. tenang aja, bkn gara2 hape nya koq..

      Delete
  20. Sya maen rayman adventure kok force close(FC) mhon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. game nya baru update ya?

      coba cek kapasitas memori internal nya mas

      Delete
  21. Saya main dead trigger 2 di ram512 kok pas main kluar sendiri ya ...tlong solusinya !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di atas solusinya gan.. udah dicoba belum?

      Delete
  22. Kenapa kalau buat main darkness reborn terhenti mulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kapasitas tempat penyimpanan/ internal memory.. kalo space nya udh agak penuh itu sangat berpengaruh pada performa game

      Delete
  23. Get rich force close mulu tolong pencerahan nya?

    ReplyDelete
  24. Sama gw force close trs pas main crisis action game online , gmn ni ? Udh di reinstall

    ReplyDelete
  25. Saya main crisis action setelah beberapa detik keluar gimana saya udah melakukan perintah diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. force close saat main game crisis action sebagian besar dikarenakan game ini mengalami bug dari sono nya.. coba cek update an nya ada ato nggak..

      kemungkinan lain bisa aja game tdk spenuhnya support dgn device yg dipakai

      Delete
  26. Kak LGR ku ko sering keluar sendiri pas buka aplikasinya terus tiba tiba keluar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah coba dulu pake cara-cara di atas ya.. mudah2an bisa

      Delete
  27. Kalo main kritika : the white knight .suka fc setelah cukup lama main . Itu gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alo game ukuran berat emg harus diatur waktu permainannya karena processor hape nanti akan cepat panas dan akan berpengaruh pada aplikasi yg sedang berjalan di hp.. bisa aja akibat itu

      Delete
  28. Saya main mobile legends, di awal permainan lancar lancar aja, tapi pas di tengak permainan selalu force close tanpa ada pesan. Ada solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara di atas udah di coba belum?

      Delete
    2. hampir semua cara udah dicoba, tapi masih force close juga...

      Delete
    3. kalo maen game yg lain sama force close juga? kalo enggak, berarti emg ada bug di gamenya.. masuk ke google play nya syp tau ada updatean terbaru dr pihak developernya

      Delete

Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: