BBM Android Tidak Bisa Terhubung Ke Internet? Semoga Cara Ini Bisa Membantu


Sebagian orang mungkin pernah mengalami masalah pada aplikasi BBM Android yang susah terhubung ke jaringan internet. Namun jika melihat aplikasi yang lainnya tidak ada kendala koneksi, lalu dimana letak kesalahannya?
 
cara mengatasi bbm android yang tidak bisa terhubung ke internet, bbm for android, bbm android tidak bisa koneksi ke internet  sarewelah.blogspot.com

Saya pikir BBM for Android memang sedikit harus di setting secara manual karena meskipun sudah diperbaharui, terkadang tetap saja selalu ada cacat atau bug terkait koneksi. Anda bisa melihat contoh screenshootnya seperti di bawah ini:

cara mengatasi bbm android yang tidak bisa terhubung ke internet, bbm for android, bbm android tidak bisa koneksi ke internet  sarewelah.blogspot.com

Di perangkat Android, ada 2 kondisi terkait setelan bawaan APN (Access Point Name)
1. Setelan proxy dan port yang terisi
2. Setelan proxy dan port yang kosong

Ubah settingan Poin Akses-nya dengan cara masuk ke Pengaturan >> Pengaturan lainnya >> Jaringan Seluler >> Nama Poin Akses.

cara mengatasi bbm android yang tidak bisa terhubung ke internet, bbm for android, bbm android tidak bisa koneksi ke internet  sarewelah.blogspot.com

Pilih paket data yang Anda pakai.

cara mengatasi bbm android yang tidak bisa terhubung ke internet, bbm for android, bbm android tidak bisa koneksi ke internet  sarewelah.blogspot.com

Tips untuk android yang portnya sudah terisi:

  • Di bagian Proxy dan Port, catat nomor Proxy dan Port untuk cadangan saja, kemudian hapus proxy dan Port, biarkan kosong. Setelah itu restart android Anda. Setelah itu cek lagi dengan cara login ke aplikasi BBM.

  • Jika masih tidak bisa, hapus Username dan Password.

  • Kalau masih tidak bisa juga, hapus data BBM, caranya masuk ke Pengaturan >> Manajer Aplikasi >> buka pada BBM >> Hapus data.  Data yang dihapus adalah data BBM, sementara data yang lainnya tetap aman. Sebelum menghapusnya pastikan Anda tidak lupa dengan ID dan passwordnya. Setelah itu coba login kembali ke aplikasi BBM. Kontak akan pulih kembali setelah sign in.

  • Masih gagal juga? Coba ganti kartu dengan Sim Card yang lain


Tips untuk Android yang port kosong:
  • Coba saja setting ulang konfigurasi GPRS ke operator. Atau isi secara manual, caranya pada bagian Proxy dan port silahkan diisi sesuai dengan operator masing-masing, lihat di bawah ini:
Telkomsel -> Proxy : 10.1.89.13 Port : 8000

XL -> Proxy : 202.152.240.050 Port : 8080

Axis -> Proxy : 10.8.3.8 Port: 9201 atau 8080

Indosat -> Proxy : 10.19.19.19 Port : 8080

3 -> Proxy 10.4.0.10 Port: 3128

Smartfren -> Proxy 10.17.27.250 Port : 8080
  • Setelah dimasukkan nomor proxy dan portnya, restart perangkat androidnya lalu coba login kembali ke aplikasi BBM.

  • Kalau masih tidak bisa, hapus data BBM, caranya masuk ke menu Pengaturan >> Manajer Aplikasi >> lalu buka pada BBM >> Hapus data. Restart, kemudian coba login kembali ke aplikasi BBM.

  • Untuk yang masih gagal, coba dengan kartu lain. Caranya sama hapus dulu data BBM seperti cara diatas
Pending?
Untuk yang sudah berhasil login, tetapi tidak bisa mengirim pesan atau pesan tertunda terus (pending), itu mungkin disebabkan akibat mengganti kartu SIM Card, karena pengaturan APN tiap tiap provider berbeda-beda, coba setting ulang proxy dan portnya.

Untuk yang masih gagal, coba instal BBM yang versi lama sebelum ada fitur stiker.

Download aplikasi BBM versi yang lama DISINI. Mungkin tidak kompatibel untuk perangkat keluaran terbaru.

Jika aplikasi yang didownload tersebut tidak berfungsi, coba saja searching di Google: BBM v 2.0.0.13 atau versi yang sebelumnya.

Cara instal aplikasi BBM versi lama:
Uninstall terlebih dulu BBM yang sudah terpasang di Android Anda, kemudian install BBM versi yang lama. Jangan langsung di replace. Ingat, jangan sampai lupa ID dan passwordnya karena nanti akan sign in lagi.

Jika semua langkah di atas gagal, tanyakan langsung ke operator seluler, takutnya masalah tersebut ada di jaringan providernya.

Untuk mencari tutorial lain, cek langsung di bawah ini:

12 komentar untuk "BBM Android Tidak Bisa Terhubung Ke Internet? Semoga Cara Ini Bisa Membantu"

  1. kalo saya gini om/sis hapus instalan aja terus pasang lagi seuai gmil yg pertama . .bbm jadi lagi

    ReplyDelete
  2. hapus aja instalan terus pasang lagi

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah work omm,, makasiihh 😁😁

    ReplyDelete
  4. Kartu axis saya gk bisa gan padahal kuota masih banyak kalok pulsa ada yg kepake pulsanya bukan datanya tadi coba kartu 3 bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini aja,, coba install ulang aplikasi BBM nya,, tapi harus inget email buat login nya ntar pas mau masuk lagi

      Delete

Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: