Mengenal Android


Apa itu Android?
Pertanyaan dasar sebelum melangkah lebih jauh. Android adalah sejenis Sistem Operasi yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh. Sebelum diakuisisi dan dikembangkan oleh Google Inc. dulu Android berada dalam naungan Android Inc. yg pada awalnya adalah open source yang dikenal dengan nama Linux.

*Open Source: sistem pengembangan sebuah aplikasi yang memanfaatkan fasilitas kode dari sebuah sumber terbuka, dan dikelola oleh para pelaku yang saling bekerjasama satu sama lain dalam sebuah komunitas.
Penjelasan singkat tentang Android  apa itu android?  android adalah  dasar-dasar android  sarewelah.blogspot.com
Kenapa simbol Android Robot Hijau?

Setelah saya cek langsung ke situs resmi Google Inc, ternyata makna dari simbol tersebut adalah agar para pengembang/ user Android dapat memodifikasi perangkat Androidnya lebih jauh, terutama dari segi performa. Dirancang agar lebih tangguh lagi, layaknya robot yang di desain untuk berperang.

Sedangkan dari desain warna, mereka memilih warna hijau artinya Android masih dalam tahap tumbuh kembang, mencari dan menyempurnakan spesifikasi yg lebih hebat dari sebelumnya. Bukti nyata: Android sangat populer di seluruh dunia mengalahkan sistem operasi mobile lainnya, karena setiap kemunculannya dalam versi terbaru, si konsumen selalu penasaran dgn spesifikasi seperti apa yg akan disuguhkan.

Apa saja Kelebihan Android?

  1. Android bersifat open source yang bebas di gunakan. Namun semua aplikasi yang di buat untuk smartphone android tidak semuanya gratis, ada pula yang berbayar. Tergantung dari pembuat aplikasinya.
  2. Android memudahkan pengguna utk mengakses internet, terutama jejaring sosial.
  3. Multi Aplikasi, artinya ketika menjalankan satu aplikasi, maka kita bisa membuka aplikasi lain tanpa harus menutup aplikasi yg sudah dibuka sebelumnya. Namun kita harus pandai mengatur daya baterai, karena membuka aplikasi bersamaan bisa membuat baterai cepat habis.
  4. Android menggunakan navigasi touchscreen.

Apa saja fitur di dalam Android?
  1. Aplikasi Framework, sebuah aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable. Artinya jika komponen android ada yang diganti, maka aplikasi ini bisa menyesuaikan versinya sesuai dengan komponen baru yang akan dipakai.
  2. Mesin Virtual Dalvik dioptimalkan untuk perangkat mobile. Artinya jika android digunakan untuk berbagai macam aplikasi, maka sistem di dalamnya akan ikut menyesuaikan, agar penggunaan android tetap stabil.
    *Virtual Dalvik: mesin virtual di dalam sistem operasi Android.
  3. Integrated browser berdasarkan engine open source. Artinya mampu menggabungkan browser berdasarkan search engine apa yang akan dijalankan.
  4. WebKit Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh perpustakaan grafis 2D, grafis 3D berdasarkan spesifikasi dan akselerasi hardware.
  5. SQLite untuk penyimpanan data.
  6. Media Support yang mendukung audio, video, dan gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG,PNG, GIF)
  7. GSM Telephony
  8. Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi
  9. Kamera, GPS, kompas, dan accelerometer
  10. Lingkungan Development yang lengkap dan kaya termasuk perangkat emulator (dihubungkan dengan komputer), tools untuk debugging, profil dan kinerja memori, dan plugin untuk Eclipse IDE
Itulah sekilas pemahaman saya tentang Mengenal Android. Semoga bermanfaat. Jika mencari artikel yang serupa silahkan cek di bawah ini:

Post a Comment

Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: