Cara mengatasi Android yg Boot Loop (Restart Sendiri)

Apakah kamu pernah mengalami Boot Loop? ketika kamu sedang asyik bermain Android tiba-tiba smartphone kamu me-restart sendiri dan kondisi ini bukan terjadi pada Android saja tapi juga Smartphone lain atau Hp biasa. Ini yg harus ketahui siapa tahu smartphone kamu terkena gangguan atau ada semacam serangan virus yg disebut Smartphone BootLoop. Jika dibiarkan mungkin saja proses booting ini bisa terjadi berulang-ulang dan mengganggu aktifitas kamu ketika sedang menggunakan hp. Bagaimana cara mengatasinya?


Boot Loop terbagi dalam 3 jenis, yaitu bootloop ringan, sedang, dan berat. Untuk bootloop yg ringan seperti yg dijelaskan di atas tadi, terjadi ketika hp kamu sudah masuk ke layar menu utama. Bootloop yg sedang biasanya terjadi entah itu ketika kamu sudah masuk ke tampilan layar utama, ataupun saat mau masuk ke tampilan layar menu, disamping itu proses booting akan berjalan lebih lamban dibanding biasanya. Dan yg paling berat adalah ketika terjadi proses bootloop, hp kamu akan padam total dan tidak melakukan proses booting. Ini yg dikhawatirkan. Karena itu ketika gejala tsb sudah terlihat, ada beberapa hal yg harus dilakukan:

Boot Loop, restart sendiri, Android Boot Loop, BootLoop, Reset Smartphone, Milware, Virus




















Hard Reset
Hard Reset dilakukan dgn cara melepas baterai kamu ketika smartphone dalam kondisi hidup. Hal ini mengatasi bootloop ringan akibat smartphone yg kamu pakai terlalu panas atau RAM dan processor smartphone bekerja terlalu keras. Untuk yg suka maen game atau aktivitas multitasking hal ini wajib dilakukan untuk menjaga perangkat kamu dari yg namanya BootLoop.

Membuang Aplikasi Yang Mencurigakan
Penyakit Bootloop ini biasanya disebabkan juga oleh aplikasi yg sudah crash, atau error. Diakibatkan oleh virus yg menyerang Smartphone kamu. Kadang ada pula aplikasi bawaan yg sudah tercemar malware atau pun aplikasi downloadan yang tidak cocok yg membuat kondisi Smartphone kamu tidak stabil.

Update Rutin Software
Aplikasi yg sudah expired biasanya rentan terkena milware. Karena itu kita harus rajin mengupdate software melalui OTA ataupun Wifi. Aplikasi yg update biasanya menyesuaikan diri dgn Smartphone kamu. Kadang aplikasi bawaan yg bug juga bisa jadi salah satu faktor yg menyebabkan BootLoop ini.

Reset ke Settingan Pabrik
Jika dari 3 cara di atas belum ampuh. Kamu masih ada pilihan lain, yaitu mengembalikan pengaturan Smartphone ke kondisi awal untuk mencegah software yg membawa virus. Pemicu BootLoop ini biasanya diakibatkan user yg kurang berhati-hati dalam memilih dan mengurus software itu sendiri.

Nah untuk pembahasan Boot Loop kayaknya segitu aja. Rajinlah berkonsultasi dgn teman ataupun konter terdekat dalam perawatan smartphone. Karena tidak semua aplikasi yg match dgn Smartphone yg kamu punyai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pengguna Hp ataupun Smartphone. Ok Fix...!

Post a Comment

Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: